RSS Baumata Blok Y, Nomor 05, Kupang, NTT
081 246 011 003
apednon86@gmail.com

Sejuta Pesona di Pulau Sumba

RENTAL MOBIL KUPANG

Sejuta Pesona di Pulau Sumba

Ada  ratusan destinasi wisata dengan sejuta keindahan dan keunikannya masing-masing yang terbentang di daerah Nusa Tenggara Timur. Dari sekian banyak yang ada, salah satu yang tidak boleh anda lewatkan ialah Pulau Sumba. Pulau dengan segala keindahannya yang tiada tara yang telah terkenal hingga manca Negara.

Berikut beberapa pesona indah yang dapat anda nikmati di pulau Sumba:

  1. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding yang terletak di Kecamatan Pandawai, Timur Sumba, sekitar 25 Km dari pusat Kota Waingapu. Bukit ini pastinya akan membuat anda merinding dengan keindahannya. Begitu anda tiba di lokasi ini, anda akan disuguhkan dengan lautan padang savana yang terhampar luas sepanjang mata memandang. Hamparan savana yang luas tersebut akan berwarna kuning saat musim kemarau tiba dan akan menyuguhkan warna hijau layaknya pemadani di kala musim penghujan datang.

Keindahan alamnya akan membuat anda betah berlama-lama di sana. Selain itu, untuk anda penikat keheningan dan kesunyian alam, hamparan ini dapat menjadi lokasi paling nikmat bagi anda untuk melewati waktu anda.

  1. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Air Terjun Tanggedu ini menyajikan sebuah karya alam dari sang Pencipta yang luar biasa indahnya. Keindahan air terjun dengan panorama alam yang elok dan rupawan ini akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Baik untuk menikmati sejuknya air yang mengalir di antara bebatuan ataupun panorama alamnya.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu benar-benar jauh dari hiruk pikuk kota akan membuat anda merasakan seacar utuh kenikmatan berada di alam bebas.

Untuk anda pencinta fotografi, keindahan air terjun dengan bebatuannya yang seolah terpahat rapih ini pasti akan cocok untuk objek bidikan lensa kamera anda.

  1. Air Terjun Waimarang

Sejuta keindahan alam juga dapat anda nikmati di Air Terjun Waimarang yang berlokasi di Desa Waimarang, Sumba Timur. Selain panoramanya yang indah, air terjun ini juga memiliki kolam renang yang tercipta oleh alam yang akan membuat anda betah berlama-lama berendam di dalamnya. Ari terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan masing-masing keindahannya.  Perpaduan dari sejuknya air dan udara yang terpantul dari ranting-ranting dedaunan pohon di sekitar air terjun membuat anda tidak akan merasa bosan menikmati kesegaran di lokasi ini

  1. Danau Weekuri

Danau Weekuri terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Di danau ini anda akan disuguhkan dengan kecantikan alam yang memanjakan mata. Kesejukan air danau membuat anda betah berlama-lama di dalamnya. Selain itu, danau ini menyajikan keunikannya yang luar biasa, yakni bahwa air di danau ini adalah air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Karena kadar garamnya tinggi, anda bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung. Danau ini juga dikelilingi oleh batuan cantik yang dapat menjadi spot foto yang menarik bagi anda.

  1. Pantai Bawana

Jika anda ingin melepaskan penat dengan berada di pantai yang indah laksana surga dengan kesunyian yang menenangkan, maka datanglah ke Pantai Bawana, Sumba Barat Daya. Pantai ini tidak hanya cantik dan menawan dengan keindahan pasir putihnya yang memanjang tetapi juga menyajikan keunikan tebing karangnya yang memiliki lubang di tengah-tengahnya. Tebing karang ini memiliki tinggi lebih kurang 5 meter dengan lubang besar di tengah atau yang disebut dengan karang bolong yang menembus hingga sisi dalam, sehingga tampak seperti sebuah pintu gerbang, berdiri kokoh di bibir pantai.

  1. Kampung Adat dengan Kuburan Megalitik

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, Pulau Sumba juga memiliki kekayaan dan keindahan budaya yang luar biasa. Kampung-kampung adat yang ada di sana dengan Kuburan Megalitiknya dan kain tenunnya yang khas memiliki nilai seni yang tinggi. Jika anda ingin melihat secara nyata kampung-kampung adat dengan segala sejarah dan keindahannya yang tersembunyi, anda dapat berkunjung ke beberapa kampung adat yang ada di sana. Kampung adat itu antara lain: Kampung Ratenggaro, Kampung Wainyapu, Kampung Mbuku Dani, Kampung Tossi, Kampung Paronambaroro, Kampung Praiyawang, dan masih banyak lagi. Semuanya memiliki keunikan dan kekhasan serta sejarahnya masing-masing yang membuat anda akan berdecak kagum.

  1. Pasola

Pasola merupakan sebuah ritual adat yang selalu digelar setiap tahunnya di Sumba Barat. Tradisi ini diadakan rutin setiap bulan Februari atau Maret dalam rangka merayakan musim panen serta memohon pengampunan. Dalam prosesnya, jika anda ke sana, maka anda dapat langsung menyaksikan atraksi perang tombak antar suku dengan menunggang kuda. Tombak yang digunakan juga bukan tombak yang tajam, namun tetap saja akan ada yang terluka.

Masih ada beragam spot wisata lainnya di Pulau Sumba yang tidak dapat termuat secara penuh dalam ulasan ini, namun satu yang perlu anda catat bahwa anda tidak akan menyesal apabila menjejakan kaki di Pulau Sumba dan menikmati segala keindahan yang ada di sana.

Kuliner Khas Pulau Sumba:

  • Rumpu Rampe

Rumpu rampe merupakan tumisan yang menggunakan beragam bahan utama seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi, serta ditambah dengan bumbu khasnya seperti udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya.

  • Jawada atau kue rambut

Jawada sering dijadikan sebagai snack atau makanan ringan. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng, lalu dibalut dengan irisan gula merah

  • Manggulu

Manggulu merupakan Kue tradisional yang banyak didapatkan di kawasan Sumba Timur. Manggulu dibuat dari pisang yang dikeringkan bersama kacang, diolah sedemikian rupa dan memiliki teksturnya mirip dengan dodol dan dibungkus kecil-kecil menggunakan daun pisang kering.

Baca juga: Fatumnasi, Negeri di Atas Awan